Pengubahan Karakter Kulit

 

Kulit selalu mengikuti perkembangan sel tubuh manusia. Ada beberapa faktor yang mengubah karakteristik kuliy atau mengurangi bahkan menghilangkan fungsinya, di antaranya adalah usia, sinar matahari, penggunaan sabun, hidrasi, nutrisi, dan obat-obatan.

Usia

Usia sangat memengaruhi kualitas dan fungsi kulit. Pada usia bayi, dewasa, dan usia lanjut, kulit mememiliki karakteristik yang berbeda.

Sinar matahari

Sinar matahari dapat meningkatkan proses again atau penuaan pada kulit. Sunburn atau terbakar matahari yang berlebihan akan mengnimbulkan risiko kanker atau di kenal dengan melanoma.

Penggunaan sabun

Sabun dengan pH basa dan normal dapat mengurangi ketebalan dan jumlah lapisan sel. pH normal kulit adalah 5,5 sehingga penggunaan sabun dengan pH normal dan/atau basa dapat mengubah pH kulit.

Hidrasi

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi hidrasi kulit adalah suhu yang lembap, terangkatnya sebum, dan usia sehingga meningkatkan hilangnya air dari tubuh.

Nutrisi

Nutrisi adekuat seperti asupan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang seimbang akan menyebapkan kulit sehat sehingga suplemen tidak terlalu berpengaruh.

Obat

Penggunaan obat dapat memengaruhi kulit. Obat lainnya yang di ketahui dapat memengaruhi kulit adalah antibakteri, antihipersensitif, analgesik, antidepresan, antihistamin, deuretik, agens hipoglikemia, sunscreen, dan kontrasepsi oral.